( Yoel 2 : 28 – 32 )
“ Kemudian dari pada itu akan terjadi bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku keatas semua manusia, maka anak – anakmu laki – laki dan perempuan akan bernubuat ; orang – orangmu yang tua akan mendapat mimpi, dan teruna – terunamu akan mendapat penglihatan  - penglihatan. Juga ke atas hambamu laki – laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari – hari itu. Aku akan mengadakan mujizat –mujizat di langit dan di bumi: darah dan api dan gumpalan – gumpalan asap. Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari TUHAN yang hebat dan dasyat itu . Dan barang siapa yang berseru kepada nama TUHAN akan diselamatkan, sebab di gunung Sion dan di Yerusalem akan ada keselamatan, seperti yang telah difirmankan TUHAN ; dan setiap orang yang dipanggil TUHAN akan termasuk orang – orang yang terlepas “ .

Allah Mengutus Rohkudus kepada semua manusia, yaitu pribadi Allah itu sendiri, Pribadi Allah sebagai Roh yang sudah dinyatakan sejak pada mula penciptaan (Kejadian 1:2), dan Injil Yohanes  4:24 mengatakan bahwa Allah itu Roh, barangsiapa menyembah Dia harus menyembah-Nya di dalam roh dan kebenaran, maka kehadiran Roh Kudus memiliki banyak fungsi, peranan dan aktivitas didalam semua aspek kehidupan manusia didunia. Peranan Roh Kudus di dalam semua manusia tidak lepas dari pribadinya sebagai Allah yang berkuasa memelihara dan memerintah di dalam kehidupan kita.

  1. Menginsafkan dunia akan dosa (yohanes 16:8)." Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman"
  2. Roh Kudus yang mengerjakan pembaharuan di dalam kita (Titus 3:5)." pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus"
  3. Menjadi Penolong ( Yohanes 14: 16)." Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,"
-       Penolong” berarti seseorang yang dipanggil untuk berjalan bersama-sama, dan mempunyai pengertian seseorang pribadi yang memberi pertolongan,penuntun,pembimbing,pemberi penghiburan,pemberi kekuatan,dorongan dan nasihat.
  1. memimpin kita ke dalam seluruh kebenaran (Yohanes 16:13,1 Sam 10:6 ).
  2. Memberikan kepada kita hikmat dan wahyu (Ef 1:17-18)." dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar. Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus,"
  3. Memimpin hidup kita sebagai anak-anak Allah (Rom 8::14-16 ).
  4. Menolong mematikan perbuatan-perbuatan daging dan memberikan kepada kita buah Roh (Rom 8:13; Gal 5:22-23).
-          Ketika Dia mendiami kita, Dia mulai menghasilakan dan menuai buahNya dalam kehidupan kita yaitu kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri” ,Ini bukanlah hasil pekerjaan daging kita, yang tidak mampu untuk menghasilkan buah semacam ini, namun adalah hasil dari kehadiran Roh Kudus dalam kehidupan kita.
  1. Menolong kita di dalam berdoa yang benar (Roma 8 :26)." Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan."
  2. Menjadi meterai dan jaminan bagi orang percaya ( Ef 1:13-14 )." Di dalam Dia kamu juga -- karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu -- di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu.
    1:14 Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya."
  3. Memberi kepada kita kuasa untuk menjadi saksi-Nya ( Kis 1: 8 ). " Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."
  4. Memberi keadilan (Yes 4:4)." apabila TUHAN telah membersihkan kekotoran puteri Sion dan menghapuskan segala noda darah Yerusalem dari tengah-tengahnya dengan roh yang mengadili dan yang membakar."
  5. Menyertai orang percaya (Yoh 14:17)." yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu."
  6. Menjadi penghibur orang-orang percaya (Yoh 14:6)." Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku."
  7. Memberi kemerdekaan (2 Kor 3:17)." Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan."
  8. Pemberi karunia (1 Korintus 12).
Perannya yang lain adalah pemberi karunia, karunia-karunia rohani yang diberikan kepada kita  supaya kita dapat menjalankan fungsi sebagai tubuh Kristus dalam dunia. Semua karunia ini, baik besar maupun kecil, adalah pemberian Roh Kudus agar kita dapat menjadi duta besar-duta besarNya kepada dunia, yang menunjukkan anugrahNya dan untuk memuliakan Dia.
  1. Mengubah orang percaya menjadi seperti Kristus (2 Kor 3:18)."  Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar."
  2. Menjadikan kita anak-anak Allah (Roma 8:15)." Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!"


Ø  Nubuatan tentang peranan Roh Kudus di akhir jaman .
( Yoel 2 : 28 – 32 )
“ Kemudian dari pada itu akan terjadi bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku keatas semua manusia, maka anak – anakmu laki – laki dan perempuan akan bernubuat ; orang – orangmu yang tua akan mendapat mimpi, dan teruna – terunamu akan mendapat penglihatan  - penglihatan. Juga ke atas hambamu laki – laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari – hari itu. Aku akan mengadakan mujizat –mujizat di langit dan di bumi: darah dan api dan gumpalan – gumpalan asap. Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari TUHAN yang hebat dan dasyat itu . Dan barang siapa yang berseru kepada nama TUHAN akan diselamatkan, sebab di gunung Sion dan di Yerusalem akan ada keselamatan, seperti yang telah difirmankan TUHAN ; dan setiap orang yang dipanggil TUHAN akan termasuk orang – orang yang terlepas .
A.      Point Pertama Nubuatan Kitab Yoel
Kemudian dari pada itu berbicara tentang akhir jaman  Yoel 2 : 28
"Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.
Apakah hari – hari ini adalah hari – hari akhir jaman ?
Berdasarkan nubuatan dalam kitab suci, sesuai  perkataan Tuhan Yesus tentang tanda – tanda kedatangan-Nya  Mat  24 : 3 -
  1. Ada penyesatan ( matius 24:4)
Yaitu pemberitaan- pemberitaan  kebenaran dibuat menjadi tidak benar dan  disesatkan ,bahkan konspirasi  penyesatan tentang kebenaran sudah terjadi pada pemerintahan , bahkan oleh ahli-ahli Agama sejak jaman dahulu, dalam Mat 28:11-15, yaitu ketika pada hari yang ke-3, Kristus benar-benar bangkit dari antara orang mati. Dan menjadi kenyataan pernyataan tentang kebangkitaNYa, sehingga membuat malu orang- orang yang menyalibkan Kristus dan juga para imam-imam kepala yang pada saat itu tidak percaya bahwa faktanya Yesus Kristus itu adalah Mesias yang bangkit  dari antara orang mati, sehingga mereka berunding dengan tua-tua, kemudian mereka mengambil keputusan lalu memberikan sejumlah besar uang kepada serdadu-serdadu yang pada waktu itu menyampaikan kabar tentang kebangkitan Kristus kepada imam – imam kepala, dan serdadu-serdadu itu pula yang menjadi saksi hidup tentang kebangkitan Kristus, supaya para serdadu itu bersaksi dusta bahwa yesus tidak bangkit melainkan mayatNya dicuri oleh murid-muridNya,.
Dari zaman dahulu hingga sekarang banyak terjadi penyesatan-penyesatan, bahkan pemberitaan pada hari-hari ini begitu  banyak yang menyesatkan didalam kehidupan keagaman, Oleh karena itu mari kita kembali lagi pada Firman Tuhan bukan karena kata orang,atau kata gereja, sebab Firman Tuhan berkata dalam yohanes 7:38 “Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup." Pula Firma Tuhan berkata dalam Mat 5: 20 “Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.” 

  1. Deru perang
Dimana – mana terjadi deru perang, perang antar bangsa, perang antar suku bangsa. Firma Tuhan berkata dalam Matius 24:6-7 “Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun berawas-awaslah jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya. Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan. Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat.”

  1. Ada penyiksaan bagi pengikut Kristus  ( dibunuh, dibenci ).
“Pada waktu itu kamu akan diserahkan supaya disiksa, dan kamu akan dibunuh dan akan dibenci semua bangsa oleh karena nama-Ku,” Matius 24:9.
Sekarang banyak terjadi Gereja dibakar, penyiksaan karena nama kristus, dan banyak tekanan-tekanan, dan bahkan tidak dihargai dan dibenci. Roma 8:35-37 berkata “Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang?. Seperti ada tertulis: "Oleh karena Engkau kami ada dalam bahaya maut sepanjang hari, kami telah dianggap sebagai domba-domba sembelihan. Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita”.

  1. Banyak orang akan murtad
“Dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci” Matius 24: 10
Penyebab banyak orang menjadi murtad, karena mereka tidak memiliki pondasi dan dasar yang kuat, yaitu pada saat ketika mengalami tekanan, penyikasaan,masalah terjadi, akhirnya mereka menjadi kecewa dan mundur dari Tuhan.
  1. Banyak nabi - nabi palsu.
“Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.” Matius 24:11"
  1. Kasih menjadi dingin ( orang hanya mementingkan diri sendiri ).
“ Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin.” Matius 24: 12
Kebanyakan orang sekarang kehilangan kasih  dan belaskasih Allah, sehingga mereka tidak peduli pada orang lain, yang terpenting adalah kepentingan  diri sendiri tanpa menghiraukan yang lain.
  1. Injil diberitakan diseluruh dunia menjadi kesaksian bagi orang .
“ Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya.” Matius 24: 14

  1. Orang yang bertahan sampai kesudahan akan selamat.
“Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.” Matius24:13

Tanda-tanda diatas berdasarkan fakta yang tertulis dari Kitab Suci, dan dalam kehidupan sehari – hari banyak peristiwa yang merupakan penggenapan dari nubuatan diatas yang tertulis dari Kitab Suci, Dan Dari sekian banyak tanda – tanda yang terjadi sebagai fakta dari peristiwa kejadian sehari – hari, hanya satu tanda penggenapan yang belum / atau sedang terjadi yaitu Kisah Para Rasul 3 : 21.
“Kristus itu harus tinggal di sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu, seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabi-Nya yang kudus di zaman dahulu.
Sebelum ada pemulihan segala sesuatu dibumi ini, Yesus takan datang kedalam dunia ini untuk kedua kaliNya, Artinya selama dibumi ini belum terjadi pemulihan segala sesuatu, Dia takkan biasa datang untuk kedua kaliNya,sampai digenapi firmanNya akan pemulihan segala sesuatu, seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabi-Nya yang kudus di zaman dahulu.
Yang menjadi persoalan mengapa Pemulihan ini tidak terjadi atau belum terjadi?
Pemulihan terjadi ketika kita menerima RohKudus. sehingga kita menerima kuasa,dan otoritas yang sama yang diterima Oleh Kristus, maka kitalah yang melakukan pemulihan. Roh kuduslah yang berperan menuntun,memberitahu hal-hal yang akan datang juga jalan-jalanNya dan jalan keluar yang menuntun kepada kemenangan, untuk menjadi pemenang didalam tuntunan Nya sehingga pemulihan terjadi.
“Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: "Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel. Jawab-Nya: "Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya. Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” (kisah para rasul 1:6 - 8).


Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Hot Line